Cara mengatasi komputer tidak bisa hidup setelah dimatikan dengan sleep mode

Pernahkan anda mengalami komputer tidak bisa hidup setelah Sleep Mode? Saat komputer dalam mode sleep, Anda harus membangunkannya (menghidupkannya) dengan menekan sebuah tombol atau menggerakkan mouse Anda. Namun, ada banyak alasan yang bisa menyebabkan Windows terjebak dalam sleep mode, termasuk setting BIOS / device / power yang tidak semestinya. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda mengatasi masalah komputer yang tidak terbangun dari sleep mode di Windows 10, 8 dan 7.

Langkah 1: Cari Perangkat yang Bisa Membangunkan Komputer Anda

Jika komputer Anda tidak bisa keluar dari sleep mode? Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus mencari tahu perangkat mana yang bisa membangunkan komputer Anda dari sleep mode. Buka Command Prompt dan jalankan perintah berikut: powercfg -devicequery wake_armed

cara menghidupkan komputer atau laptop yang sleep mode

Ini akan menunjukkan daftar perangkat yang dikonfigurasi untuk membangunkan komputer Anda. Jika keyboard atau mouse Anda tidak terdaftar, Anda harus mengaktifkan pengaturan "Allow this device to wake the computer" di komputer Anda. Berikut caranya :

Buka Device Manager. Perluas kategori Keyboard, lalu klik kanan pada perangkat keyboard Anda dan pilih Properties

cara menghidupkan komputer atau laptop yang sleep mode

Klik tab Power Manajemen dan centang kotak "Allow this device to wake the computer". Klik OK untuk menyimpan perubahan Anda

cara menghidupkan komputer atau laptop yang sleep mode

Ulangi langkah yang sama di atas untuk mouse Anda, yang dapat ditemukan di bawah kategori "Mice and other pointing device" di daftar perangkat.

Langkah 2: Hentikan Windows dari Powering Off USB Devices

Windows diatur untuk mematikan perangkat USB Anda dalam sleep mode untuk menghemat daya secara default, terkadang tidak dapat mengembalikannya. Jadi Anda harus menghentikan Windows agar tidak menonaktifkan power ke port USB saat komputer Anda dalam sleep mode.

Langkah 3: Aktifkan USB Wakeup di BIOS Komputer Anda

Saat menyalakan komputer, tekan tombol tertentu (F2, DEL, F12, ESC, dll.) Untuk mengakses Setup BIOS. Lihatlah pada setting BIOS dan cari pilihan seperti "USB Wake Up", "Wake up by USB KB / Mouse", "USB Wake Support". Pastikan itu diaktifkan.

cara menghidupkan komputer atau laptop yang sleep mode

Kesimpulan

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda harus bisa mengeluarkan komputer dari sleep mode menggunakan keyboard atau mouse.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara mengatasi komputer tidak bisa hidup setelah dimatikan dengan sleep mode"

Post a Comment