Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Wifi Laptop

Cara mengatasi tanda silang merah pada Wifi. Kali ini saya ingin sedikit berbagi tips untuk menghilangkan tanda silang pada wireless network connection laptop. Jika hal ini terjadi tentu akan menimbulkan masalah pada koneksi internet anda yang memanfaatkan jaringan wifi sebagai sumber koneksinya.

Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Wifi Laptop

Apakah anda  pernah mengalami munculnya tanda silang merah pada wifi laptop, dan mungkin anda bertanya-tanya di dalam hati sebenarnya  apa sih penyebab munculnya tanda silang pada wifi laptop ini. Supaya tidak penasaran, berikut ini saya berikan beberapa tips yang dapat dicoba untuk memperbaiki wifi laptop dengan tanda silang merah.

1. Driver Wifi belum terinstal

Hal pertama yang menjadi penyebab munculnya tanda silang merah pada wifi laptop adalah karena driver wifi laptop belum terinstal. Kasus semacam ini biasaya terjadi ketika baru selesai melakukan install ulang laptop dan belum sempat melakukan instalasi driver wifinya yang menyebabkan munculnya tanda silang pada jaringan laptop.

Untuk melihat driver wifi yang belum terinstal, buka menu RUN dengan menekan Windows + R lalu ketikkan devmgmt.msc . Lihat pada bagian Network, jika terdapat tanda seru berwana kuning , itu artinya driver wifi belum terpasang sehingga mengakibatkan munculnya tanda silang pada wifi.

2. Wifi Laptop dalam keadaan On / Menyala

Pastikan bahwa Wifi laptop anda dalam keadaan menyala, karena jika tidak maka akan muncul tanda silang merah di bagian wifinya. Pada berbagai merk laptop, untuk mengaktifkan wifinya cukup dengan menekan tombol wifi yang tersedia pada laptop tersebuat atau dengan menakan tombol Fn dikombinasikan dengan tombol yang  memiliki icon wireless pada tombol keyboard bagian atas.

Namun jika anda tidak menemukan cara tersebut untuk mengaktifkan wifi, silahkan masuk ke Windows Mobility Center, caranya : pada Windows 7 tekan tombol Windows + X kemudian pilih Turn Wireless On, sedangkan pada Windows 8 caranya  adalah dengan menekan tombol Windows + X >Mobility Center > Turn Wireless On

3. Driver Wifi di Disable

Hal lainnya yang mengakibatkan munculnya tanda silang wifi adalah karena driver wifi anda di disable. Hal ini terjadi  mungkin karena terjadi kelalain dari pengguna yang salah klik sehingga mengakibatkan driver wifi tersebut ter disable dan menyebabkan sinyal wifi menjadi tanda silang merah

Untuk mengatasi kasus tanda silang merah wifi ini, anda cukup masuk ke Device manager seperti pada langkah pertama kemudian cari lingkaran merah dengan tanda panah hitam menghadap ke bawah pada bagian network. Klik kanan bagian tersebut kemudian pilih Enable, maka sinyal wifi yang  semula muncul tanda silang merah kini sudah kembali seperti semula.

4. Gagal Melakukan Update Windows

Apabila beberapa cara di atas tak juga berhasil  menyelesaikan permasalahan anda, mungkin kasus yang satu ini merupakan penyebab munculnya tanda silang wifi. Jika automatic Update pada windows tidak dinonaktifkan, maka windows akan melakuan update secara berkala ketika terhubung ke jaringan internet, proses update windows ini akan berjalan ketika hendak melakukan shutdown pada komputer. Saat proses update windows berjalan, sangat tidak diajurkan untuk mematikan laptop karena akan berdampak buruk, salah satunya akan berdampak pada jaringan wifinya.

Untuk mengatasinya anda bisa melakukan backup dan restore dengan memilih Start –Control Panel- backup and Restore - Recover system settings or your computer pada windows 7. Sedangkan pada Windows 8 anda bisa memilih Control panel – Recovery – Open System Restore.

Baca Juga :

Setelah itu anda akan menemukan satu atau lebih restore point, pilih salah satu restore point yang kira-kira saat melakukan update windows tidak terjadi masalah pada wifinya. Berikutnya pilih Next maka restore point akan berjalan untuk mengembalikan kondisi system sesuai dengan tanggal yang telah dipilih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Wifi Laptop"

Post a Comment