Cara install ulang Notebook Samsung NP-NC108

Kemarin saya dapat servisan notebook Samsung NP-NC108. Pemiliknya hanya ingin instal ulang widowsnya saja karena sistemnya sudah rusak akibat serangan virus. Saat saya coba setting bios ternyata flashdisk yang akan saya gunakan untuk instal ulang windows ini tidak terbaca pada bios setup. Saya sempat bigung kenapa flashdisk ini tidak bisa terbaca di BIOS padahal di laptop lain langsung bisa terbaca dengan normal.

Baca Juga :

Tak ingin diakali oleh notebook ini, akhirnya saya mencari jalan keluar dari si mbah google untuk mencari tahu apa sebenarnya terjadi dan kenapa Notebook Samsung NP-NC108 ini tidak bisa membaca flashdisk pada bios. Setelah lama mencari tahu, akhirnya ketemu juga permasalahannya. Ternyata  letak permasalahannya ada pada Fast BIOS Mode yang harus disetting menjadi Disable baru kemudian flashdisk bisa terbaca.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai cara install ulang Notebook Samsung NP-NC108 yang tidak bisa membaca flashdisk pada menu BIOS.

1. Tancapkan flashdisk anda pada port USB yang tersedia
2. Hidupkan notebook lalu tekan tombol F2 untuk Masuk Bios
3. Pada BIOS Setup pilih menu Advanced kemudian atur Fast Bios Mode menjadi Disable. Simpan pengaturan BIOS dengan menekan tombol F10 lalu pilih YES.

 Cara instal ulang Notebook Samsung NP-NC108

4. Silahkan masuk ke BIOS Setup kembali dengan menekan tombol F2, berikutnya pada Boot menu pilih Boot Device Priority.

 Cara instal ulang Notebook Samsung NP-NC108

5. Setelah pengaturan BIOS tadi anda lakukan, maka flashdisk yang tadinya tidak bisa terbaca pada menu BIOS kini sudah terdeteksi dan siap digunakan menginstal ulang windows.

 Cara instal ulang Notebook Samsung NP-NC108

6. Letakkan flashdisk anda pada posisi Boot Option #1 lalu simpan dengan menekan tombol F10.  Setelah itu, proses instalasi windows siap berjalan..

Demikian cara Instal ulang Notebook Samsung NP-NC108 yang tidak bisa membaca flashdisk pada BIOS Setup. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Cara install ulang Notebook Samsung NP-NC108"

Post a Comment