Cara Membuat Sedotan Tinta dari Printer Bekas

Halo para pembaca setia THELIMANIS, pada artikel sederhana ini saya akan memberikan sedikit tips tentang cara membuat sedotan tinta dari printer bekas. Daripada anda membeli penyedot cartridge yang belum tentu bagus kwalitasnya, lebih baik anda coba tips ini untuk membuatnya sendiri.

Jangan Lupa Baca :


Bahan yang saya gunakan di sini adalah bangkai printer canon IP2770 yang sudah tidak layak untuk digunakan, anda juga bisa menggunakan canon type yang lainnya seperti MP237, MP287 dan lain-lain.

Jika anda sudah memiliki bahannya, mari kita lanjutkan proses membuat penyedot tintanya.

Proses Membuat Penyedot Cartridge dari Printer Bekas

Bongkar bangkai printer anda, kemudian ambil bagian mekaniknya saja, ambil bagian penyerap tinta beserta selangnya, bentuknya kurang lebih seperti yang saya lingkari merah pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Sedotan Tinta dari Printer Bekas

Ini bentuknya setelah anda cabut bagian penyerap tintanya.

Cara Membuat Sedotan Tinta dari Printer Bekas

Supaya bentuk dan ukurannya lebih simple, ambil bagian yang saya beri lingkaran merah, cara mencabutnya cukup mudah, tinggal anda angkat dari dudukanya saja.

Setelah itu, siapkan dua buah spet tinta bekas yang tidak terpakai, pasang kedua ujung selang penyerap tinta tersebut pada ujung spet, maka hasilnya akan anda peroleh seperti gambar ini

Cara Membuat Sedotan Tinta dari Printer Bekas

Simple kan, kini penyedot tintanya sudah jadi dan sudah siap untuk digunakan. Penyedot tinta ini ada dua, yang panjang untuk tinta hitam (cartridge 810 dan sejenisnya) dan yang pendek untuk tinta warna (cartridge 811 dan sejeninya)

Menggunakan Sedotan Tinta


Cara memakainya cukup simple, tempelkan ujung penyedot tinta pada bagian bawah cartridge (jalan keluarnya tinta) lalu tekan agar tidak ada rongga udara, kemudian tarik spetnya maka tinta akan mengalir ke dalam sedotan.

Selamat ya, anda telah berhasil membuat sedotan tinta berbahan printer bekas. Perlu anda tahu bahwa sedotan  ini merupakan teman yang selalu setia menemani saya dalam menjalankan usaha cetak foto.

Sekian dulu posting kali ini, selamat mencoba dan mudah-mudahan ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian. Wassalam

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Sedotan Tinta dari Printer Bekas"

Post a Comment