Cara Memperbaiki Laptop Yang Tidak Bisa Dimatikan

Cara memperbaiki laptop yang tidak bisa dimatikan – Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa hari yang lalu kedatangan seorang teman dan dimeminta untuk mengatasi permasalahan pada laptopnya. Laptopnya ini tidak bisa dimatikan meskipun sudah dilakukan shut down padahal tmpilan di layar sudah mati. Akhir-akhir ini memang sering terjadi kasus semacam ini pada beberapa type laptop dan penyebabnya pun beraneka ragam.


Indikasi pada kasus laptop ini adalah tidak bisa dimatikan padahal layar sudah mati. Namun sepertinya hard disk masik bekerja karena LED HDD masih menyala. Pada lampu indikator power pun masih menyala yang berarti laptop ini masih bekerja. Sebelum saya dimintai tolong, laptop ini telah didiamkan terlebih dahulu selama beberapa menit namun tidak memberikan efek apa pun dan ketika dipaksa matikan dengan menekan tombol power pun tetap tidak memberikan respon apa-apa.

Silahkan baca juga :

Tidak ingin berlama-lama akhirnya saya coba memperbaiki laptop yang tidak bisa dimatikan ini dengan mencari solusi dari mbah google. Dan akhirnya mendapatkan solusi dari postingan salah satu sahabat blogger. Ternyata untuk mengatasi laptop yang tidak bisa di shut down ini cukup mudah. Berikut ini ulasannya tentang cara memperbaiki laptop yang bandel shut down.

Cara Memperbaiki Laptop yang tidak bisa Dimatikan

  • Pertama, tekan dan tahan tombol power kurang lebih selama 10 sampai 20 detik sampai laptop benar-benar tidak bernafas (mati)
  • Biarkan dulu dalam keadaan mati selama kurang lebih 1 menit agar semua hardwarenya benar-benar berhenti bekerja.
  • Berikutnya hidupkan lagi laptop tersebut, biarkan sampai laptop benar-benar siap untuk digunakan
  • Jika proses startup telah complete, sekarang coba restart laptop anda untuk membuktikan bahwa permasalah laptop anda sudah benar-benar teratasi.

Dengan melakukan tips ini ternyata laptop yang tidak bisa dimatikan tersebut kembali normal seperti sedia kala. Dan perlu anda ketahui bahwa cara tersebut digunakan untuk menangani laptop maupun komputer yang tidak bisa dimatikan namun di layar monitor sudah tidak ada tampilan sama sekali.

Penyebab Laptop atau Komputer Tidak Bisa Dimatikan

Sebenarnya apa sih penyebab laptop maupun komputer tida bisa dimatikan, antara komputer yang satu dengan lainnya tentu memiliki penyebab yang berbeda meskipun kasus yang dialami sama. Nah, untuk kasus laptop yang satu ini, saya tidak bisa menyimpulkan secara pasti sebenarnya apa yang menyebabkannya tidak bisa dimatikan. Akan tetapi pada umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan komputer atau laptop tidak bisa dimatikan, yaitu :

  • Komputer belum selesai sepenuhnya menghentikan semua proses ketika komputer hendak dimatikan
  • Terjadi crash pada driver software
  • Terjadi crash pada bagian hardware
  • File system widows corrupt

Ada kemungkinan bahwa penyebab komputer yang tidak bisa matikan padahal layar sudah mati ini disebabkan oleh adanya permasalahan pada hardware atau driver hardwarenya. Agar kasus seperti ini tidak terulang kembali, sebaiknya anda mematikan / shutdown komputer sesuai dengan prosedur yang benar dan ketika akan melakukan shutdown sebaiknya pastikan dulu bahwa tidak ada aplikasi yang sedang berjalan.

Demikianlah cara memperbaiki laptop yang tidak bisa dimatikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memperbaiki Laptop Yang Tidak Bisa Dimatikan"

Post a Comment