Bagaimana Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR

Bagaimana Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR - Shutter count bisa diartikan sebagai total jumlah jepret pada kamera sehingga mendapatkan sebuah foto. Apa tujuan kita mengetahui jumlah shutter count pada kamera DSLR. Ada dua tujuan yang umum kenapa kita mesti tahu jumlah shutter count kamera :

1. Dengan mengetahui Shutter count Kamera DSLR, kita bisa meprediksi sampai kapan kamera tersebut bekerja dengan normal. Jika diibaratkan, Shutter Count pada kamera DSLR itu sama seperti kilometer pada motor/mobil. Semakin sering digunakan maka angka pada kilometer akan semakin bertambah dan tentu akan berpengaruh terhadap mesihnya.

2. Jika anda berniat membeli kamera bekas, maka memeriksa/mengetahui Shutter Count pada kamera merupakan suatu keharusan untuk memastikan bahwa kamera DSLR yang akan dibeli masih layak digunakan atau tidak. Dan dengan memiliki pengetahuan mengenai Shutter Count tentu anda bisa mematok harga yang sesuai.

Baca ini juga :

Bagaimana Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR

Berikut ini saya akan memberikan sebuah tutorial tentang cara mengetahui shutter count kamera DSLR secara online melalui website http://exif.regex.info/exif.cgi. Anda cukup mengupload foto sampel dari kamera yang ingin diketahui jumlah shutter count-nya. Selanjutnya program ini akan menghitung shutter count kamera anda secara otomatis. Lebih detailnya silahkan ikuti cara di bawah ini.

1. Silahkan kunjungi website http://exif.regex.info/exif.cgi

Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR

2. Klik tombol Browse untuk memilih foto hasil kamera yang akan diketahui jumlah shutter countnya

Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR

3. Centang pada CAPTCHA “I am not a robot” lalu klik tombol View Image Data
4. Tunggu beberapa saat karena program sedang berjalan
5. Setelah selesai maka akan muncul data EXIF, tarik scroll bar ke bawah sampai ditemukan tulisan Shutter Count

Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR

Lihat nilai pada kolom sebelah kanan di sana akan tertulis berapa total Shutter Count kamera anda. Nilai yang tertera di sana merupakan jumlah berapa kali anda menekan tombol jepret pada kamera.

Sebagai tambahan, foto yang saya upload di sini adalah hasil jepret kamera Nikon, sempat saya coba menggunakan hasil jepret kamera Canon namun saya tidak menemukan data shutter Countnya. Jadi bagi pengguna kamera Canon mungkin perlu menggunakan program pendeteksi shutter count yang lainnya.

Demikian cara mengetahui jumlah Shutter Count pada kamera DSLR, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR"

Post a Comment