Cara Praktis Membuat Pas Foto dengan Photoshop

Membuat Pas Foto kini bukan lagi hal yang sulit, apalagi sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi gratis yang dapat kita manfaatkan untuk membuat pas foto dan software yang paling populer digunakan untuk edit pas foto saat ini adalah Adobe Photoshop.

Apakah di laptop anda sudah terinstal Adobe Photoshop? Kalau belum, segera instal dulu baru anda bisa memperaktikkan cara membuat pas foto yang akan saya bahas di sini. 
Ok, supaya kalimat basa basinya tidak terlalu panjang, sekarang mari kita mulai menuju pokok bahasannya. Agar anda tidak bosan sebaiknya siapkan secangkir kopi dulu biar lebih terasa relax dan enjoy.

Membuat Pas Foto Menggunakan Photoshop

Silahkan buka foto anda terlebih dahulu menggunakan Photoshop. Langkah pertama yang harus anda pahami adalah melakukan cropping atau sering disebut sebagai proses pemotongan gambar sesuai dengan ukuran dan resolusi yang telah kita tentukan sebelumnya.

Baca Juga : Cara Convert Foto CR2 ke JPEG

Caranya pilih Crop Tool pada Tool Box lalu tentukan ukuran panjang, lebar, dan resolusi pas foto sesuai ukuran yang akan anda buat, dalam contoh ini saya akan membuat pas foto ukuran 3 x 4 cm.

Cara Praktis Membuat Pas Foto dengan Photoshop

Lakukan proses cropping pada foto dan usahakan untuk mengambil bagian tengahnya secara proporsional agar pas foto yang dihasilkan terlihat lebih rapi dan bagus.

Cara Mudah Membuat Pas Foto dengan Photoshop

Tekan tombol Enter pada keyboard untuk mengakhiri proses cropping, maka saya ucapkan selamat kepada anda karena sudah berhasil membuat pas foto ukuran 3 x 4 cm pada Photoshop. 

Langkah mudah membuat pas foto di Photoshop

Apakah proses pembuatan pas foto ini sudah berakhir sampai di sini? tentu saja tidak, karena tidak mungkin anda hanya akan mencetak satu lembar pas foto saja, jadi perlu kita lakukan langkah berikutnya untuk memperbanyak pas foto sejumlah yang dibutuhkan. Trus caranya bagaimana? Lanjutkan saja membaca artikel ini.

Memperbanyak Pas Foto di Photoshop

Buka halaman baru dengan memilih File - New atau tekan Ctrl + N pada keyboard, pastikan bahwa pas foto dan halaman baru memiliki resolusi yang sama. Jika resolusinya berbeda, maka ukuran pas foto yang dihasilkan akan jauh berbeda dengan yang diharapkan.
 
Cara membuat pas foto menggunakan Photoshop

Tarik pas foto ke dalam halaman baru lalu tekan Ctrl + J untuk memperbanyaknya. Jangan lupa susun pas foto yang telah anda perbanyak serapi mungkin, berikan jarak antara pas foto yang satu dengan yang lainnya untuk mempermudah proses pengguntingan.

Cara Membuat Pas Foto menggunakan Photoshop

Gambar di atas adalah hasil akhir dari proses pembuatan pas foto menggunakan Photoshop, cukup mudah dan simple bukan! Silahkan anda coba sendiri di rumah untuk menambah pundi-pundi ilmu tentang cetak foto.

Akhirnya saya ucapkan semoga artikel sederhana ini ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian. Wassalam

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Praktis Membuat Pas Foto dengan Photoshop"

Post a Comment